Tim Pengembaraan Susur Gua Lakukan Simulasi di Tasikmalaya

Jatinangor– Tim Pengembaraan Susur Gua (Caving) Angkatan Yodha Anantara lakukan simulasi di Tasikmalaya, 26-28 Januari 2022. Simulasi tersebut diikuti oleh lima anggota tim yakni Tiara, Nurizki, Viona, Fakhry, dan Pandya. Gua yang menjadi medan operasional kali ini adalah Gua Sarongge dan Gua Cadas Gantung yang berada di Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya dan Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya

Bidang Pendidikan dan Latihan Dewan Pengurus XXXIII Hifzan Maulia Irfan mengatakan, “Kegiatan pengembaraan merupakan salah satu syarat bagi Anggota Muda untuk mendapatkan Nomor Pokok Palawa sehingga status keanggotaanya akan berubah menjadi Anggota Biasa.”

Ia menambahkan bahwa simulasi ini dilakukan agar tim pengembaraan memiliki gambaran skema kegiatan yang akan dilaksanakan ketika pengembaraan di lapangan, sehingga nantinya anggota yang tergabung dalam tim sudah mengetahui tugas dan fungsinya masing masing. Pada simulasi ini, Tim Pengembaraan didampingi oleh pembimbing yang merupakan Anggota Biasa Palawa Unpad.

Menurut Tiara yang merupakan Ketua Tim Pengembaraan, dalam kegiatan simulasi ini mereka mengaplikasikan materi penelusuran gua horizontal dan vertikal, pemetaan gua, fotografi gua, dan rescue yang sebelumnya sudah mereka dapatkan di sekretariat.

“Pelaksanaan pengembaraan akan dilaksanakan dari tanggal 6 sampai 13 Februari 2022 di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Di sana, tim akan melakukan pemetaan gua dan pemasangan papan informasi gua untuk memberikan informasi kepada masyarakat sekitar dan pengunjung mengenai keadaan gua tersebut,” kata Tiara

Penulis             : Angga Niagara (PLW 24382 177 GA)

Editor              : Nursyifa Afati Muftizasari (PLW 24382 183 GA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.