Palawa Unpad akan Petakan Gua di Desa Selasari, Kabupaten Pangandaran

Jatinangor- Palawa Unpad berangkatkan enam anggota untuk memetakan gua di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (6/2). Enam orang anggota tersebut yakni Tiara Nurul Nabila (FPIK), Viona Liuprilita (FPIK), Akmal Najib (FPIK), Fakhri Asyrafy (FPIK), M. Pandya (Fisip), dan Nuriski Dian (Faperta). Mereka adalah tim pengembaraan Yodha Anantara, Angkatan Ke-35 Palawa Unpad. Tim ini dilepas dari sekretariat dengan upacara keberangkatan yang dipimpin oleh Pembina Palawa Unpad Dr. Vita Sarasi, SE., MT.

Tim akan melakukan eksplorasi dan pemetaan gua yang berada di Desa Selasari. Output dari pengembaraan ini adalah peta gua yang akan dihimpun menjadi katalog juga papan informasi yang dapat berguna untuk masyarakat di sana.

Dalam upacara keberangkatan, Vita Sarasi mengatakan bahwa pengembaraan ini secara umum berjujuan agar kita dapat bersyukur dan mendekatkan diri kepada Tuhan pencipta alam dengan mencintai keindahan ciptaanya. Ia menambahkan, “Harapannya, dengan proses pengembaraan yang dilalui, tim ini dapat membentuk teamwork yang solid dan kompak, meningkatkan keterampilan, serta disiplin dan rasa tanggung jawab dari masing masing anggotanya.”

Hasil dari pemetaan ini nantinya akan diolah menjadi Katalog Gua Desa Selasari, dan papan informasi gua yang akan dipasang di masing-masing mulut gua sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sekitar. Papan informasi nantinya akan berguna untuk warga sekitar mengenai keadaan gua tersebut. Selain itu, pengembaraan ini merupakan sebuah syarat Anggota Muda yang tergabung dalam Tim Pengembaraan untuk mendapatkan Nomor Pokok Palawa.

“Semoga tim yang dipimpin oleh Tiara dapat mewujudkan tujuan pengembaraan ini, yaitu mendapatkan Nomor Pokok Palawa, menghasilkan output operasional pengembaraan berupa katalog gua dan bentuk peta digital, serta pengabdian masyarakat mengenai informasi gua yang dapat dijadikan tempat wisata,” kata Vita.

Menurut Ketua Dewan Pengurus Palawa Unpad M. Aditya Wijaya, tim ini akan berada di lapangan selama 7 hari, “Mereka akan berada di lapangan kurang lebih selama seminggu, sampai tanggal 13 Februari 2022,” tuturnya.

Penulis : Angga Niagara
Editor : Nursyifa Afati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.