Palawa Unpad Adakan Sosialisasi Hasil Pemetaan dan Peresmian Papan Informasi Gua di Desa Selasari, Kabupaten Pangandaran.

PALAWA UNPAD – Palawa Unpad lakukan sosialisasi hasil pemetaan digital dan peresmian papan informasi gua di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Minggu (24/4).

Kegiatan diawali dengan sosialisasi hasil pemetaan gua oleh Tiara Nurul Nabila dan dilanjut pemaparan cave safety dan caving equipment oleh Tri Nur Ramdhani di Bale Desa Selasari.

Selanjutnya, dilakukan peresmian papan informasi dengan pemotongan pita oleh Kepala Desa Selasari Udin Tugaswara, Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Universitas Padjadjaran Boy Yoseph, dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari di mulut Gua Panggung.

Pada Agustus 2021, Palawa Unpad lakukan eksplorasi gua di Desa Selasari dalam menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia.

Palawa Unpad kemudian menyadari, Desa Selasari memiliki berbagai potensi wisata gua yang belum banyak dieksplorasi. Hal itu menjadi latar belakang dilakukannya pemetaan gua digital.

Hingga Desember 2021, Palawa Unpad telah menginventaris 48 titik mulut gua di Desa Selasari.

Pemetaan dilanjutkan oleh Tim Pengembaraan Angkatan Yodha Anantara, Tim Yggrasil, pada 6-15 Februari 2022.

Tim Yggrasil terdiri dari 6 anggota yakni Tiara Nurul Nabila (Ketua Tim), M. Pandya Maguantara, Fakhry Asyrafi, M. Akmal Najib, Nurizki Dian, dan Viona Liuprilita.

Tim ini berhasil memetakan 10 gua yang kemudian didigitalisasi. Berdasar hasil pemetaan, Palawa Unpad memasang papan informasi di 5 gua yakni Gua Panggung, Gua Surupan, Gua Sutra Reregan, Gua Parat, dan Gua Karang Bolong.

Rangkaian kegiatan di Desa Selasari ini dilakukan dalam menyambut Dies Natalis ke-40 Palawa Unpad.

Kegiatan ini juga dipaparkan dalam Seminar Nasional Pariwisata Berkelanjutan yang diselenggarakan Palawa Unpad, Sabtu (16/4).

*

Penulis             : Nadia Putri Chania (PLW 24382 194 AU)

Editor              : Nursyifa Afati Muftizasari (PLW 24382 183 GA)

Bidang Media Informasi dan Relasi
Dewan Pengurus XXXIII

Palawa Unpad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.