Melalui Webinar, Palawa Unpad Ajak Pemuda Peka Terhadap Isu Perubahan Iklim

JATINANGOR- Sukses melaksanakan Webinar 1 dan 2 di akhir tahun 2021, Palawa Unpad kembali menyelenggarakan Webinar Series 3 yang bertajuk “Pembangunan Berkelanjutan, Penangangan Perubahan Iklim dan Partisipasi Pemuda”, Sabtu (22/1). Webinar Series 3 Palawa Unpad merupakan webinar pamungkas dalam praevent Dies Natalis ke-40 Palawa Unpad, sebelum mencapai puncaknya yakni berupa Seminar  Nasional pada Maret mendatang.

            Pengambilan tema yang berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan merupakan bentuk perhatian Palawa Unpad terhadap isu-isu Substainable Development Goals (SDG’s). Sebagai organisasi mahasiswa pencinta alam, hal tersebut menjadi value dalam kegiatan operasional alam bebas yang dilakukan oleh Palawa Unpad.

            Webinar series 3 Palawa Unpad menghadirkan dua pembicara yang ahli di bidangnya, yakni Prof. Dr. Zuzy Anna, M.Si., S.Si yang merupakan Direktur SDG’s Center Unpad dan Meiki Wemly Paendong sebagai Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jawa Barat. Keduanya sama-sama membawakan tema perubahan iklim dan penanganannya.

Prof. Zuzy lebih concern mengenai target pembangunan berkelanjutan di Indonesia dari waktu ke waktu, serta penanganan perubahan iklim yang bisa dilakukan oleh masyarakat khususnya generasi muda sebagai aksi nyata dalam climate action.    Selanjutntya, Meiki (WALHI Jabar) membeberkan sejumlah fakta terkait  krisis lingkungan dan perubahan iklim, serta isu lingkungan terkini yang diakibatkan oleh perubahan iklim. Hal tersebut tak lepas dari absennya peran negara, kebijakan negara, dan praktik yang buruk dalam usaha penanganan perubahan iklim.

            Menutup kegiatan Webinar Series 3 ini, harapanya  generasi muda dapat terlibat secara pro aktif dalam penanganan perubahan iklim melalui gaya hidup yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Mahasiswa sebagai agent of change memiliki tanggung jawab lebih dalam usaha menciptakan perubahan yang lebih baik.

Prof. Zuzy Anna menyebutkan bahwa edukasi penting dilakukan kepada masyarakat untuk membangun awareness terkait target-target pembangunan berkelanjutan di Indonesia, salah satunya melalui webinar dengan tema-tema seperti ini.

            Bila ditarik kembali, sejak tiga bulan lalu, Palawa Unpad sedang melakukan rangkaian empat kegiatan besar yang merupakan “Kiprah Palawa untuk Negeri”. Hal ini menyambut usia Palawa Unpad yang genap 40 tahun pada Maret 2022. Empat kegiatan berskala nasional ini terdiri dari Eksplorasi Karst Pangandaran; Asesmen Potensi di Desa Loloan, Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok Utara; pembuatan buku 40 Tahun Palawa Unpad; yang kemudian akan ditutup dengan Seminar Nasional di Kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor.

Penulis             : Fadiyah Munifah (PLW 24382 193 AU)

Editor              : Nursyifa Afati (PLW 24382 183 GA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.