Diawali Kursus Speleologi II Divisi Caving Eksis di Palawa Unpad

Kegiatan Caving di Palawa Unpad, diawali oleh kepesertaan saya mengkuti Kursus Spelelologi II – 1983 yang diselenggarakan oleh Klub Speleologi Gharbabhumi – LIPI, yang dikomandoi oleh Norman Edwin. Saya berangkat atas instruksi Kang Soen (Pembina), dari Bandung didaftarkan 2 orang (saya dan Veronica / Wanadri, batal berangkat).

Hadir menjadi peserta dari KOMPAS USU, Arnyacala Trisakti, Aesthetica ISTN  Jkt, dll.. Menggunakan waktu 7 hari dengan tempat kursus di  Kantor LIPI  LIPI saat itu di Merdeka Selatan, UI Salemba, Ciampea, Jasinga Bogor. Materi Biospeleo, susur horizontal, susur vertical dsb.. Mendampingi dan meberikan materi dengan athusias Dirjen Dikti saat itu Prof. Dr. DodyTisna Amidjaya.

Pulang kursus, langsung transfer ke temen2, praktek di Gua Pawon – Padalarang, Gua di Desa Deudeul, Taraju, Tasikmalaya, dengan perlatan dan perlengkapan seadanya. Seiring perintisan kegiatan Caving di perhimpunan, beberapa anggota juga kursus dan berlatih di HIKESPI yang digawangi oleh dr Ko King Tjoen. Alhamdullah bertahan dan berkembag sampai sekarang.

Penulis : Ferry Hendarsin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.