Kemenparekraf: Melalui Wisata Alam, SDA Dapat Bermanfaat bagi Masyarakat dan Lingkungan

PALAWA UNPAD – Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi/plt. Deputi BSDK Kemenparekraf Frans Teguh menjelaskan peran wisata alam, salah satunya dapat membuat sumber daya alam berguna bagi masyarakat dan lingkungan.

Dengan tidak melupakan aspek konservasi, menurut Frans, lingkungan dapat tetap terjaga dan memberikan nilai ekonomi yang berkelanjutan.

“Pariwisata alam memerlukan strategi dan kemasan yang bagus, sehingga bisa bermanfaat secara berkelanjutan,” ungkapnya dalam Seminar Pariwisata Berkelanjutan yang diselenggarakan Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam Palawa Unpad, Sabtu (16/4).

Seminar nasional bertajuk “Pengembangan Wisata Alam Domestik Berbasis Desa Wisata sebagai Upaya Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim”, merupakan puncak dari rangkaian Dies Natalis ke-40 Palawa Unpad.

Frans menjelaskan Kemenparekraf telah menyusun pedoman destinasi pariwisata berkelanjutan. Pedoman tersebut memuat empat aspek yaitu pengelolaan berkelanjutan, keberlanjutan sosial-ekonomi, keberlanjutan budaya, dan keberlanjutan lingkungan.

“Kita harus memastikan bagaimana wisatawan lebih bertanggung jawab terhadap alam dan kebudayaan yang ada di sana,” tegas Frans.

Selain itu, dia memaparkan tantangan serius untuk pengelola destinasi wisata, yakni kemampuan untuk memberikan pengalaman sehingga wisatawan betah dan ingin datang kembali. Pengalaman tersebut tidak hanya untuk jasmani, tetapi juga dinikmati secara pikiran dan spiritual.

Dia mencontohkan salah satu strategi pemerintah dalam pengembangan pariwisata, yaitu sertifikasi desa wisata berkelanjutan.

Desa Selasari di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, merupakan salah satu contoh desa wisata yang disebutkan Frans. Seperti yang dipaparkan dalam diseminasi pada awal seminar, Palawa Unpad juga melakukan pemetaan gua digital di desa tersebut.

Selain Frans, seminar ini juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno dan Dewi Yuliani dari Kementerian Desa PDTT. Seminar ini dapat dilihat ulang melalui kanal Youtube Palawa Unpad.

*

Penulis : Nursyifa Afati Muftizasari (PLW 24382 183 GA)


Bidang Media Informasi dan Relasi

Dewan Pengurus XXXIII

Palawa Unoad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.