Mengembara di Sungai Ketahun, Bengkulu (Bagian I)

Memang di dalam prosesnya tidak ada yang berjalan lancar-lancar saja, namun kita yakin pasti ada jalan dan semua ini akan ada akhirnya.

Kami Dinyatakan Siap Berangkat!

Malam itu, pikiran kami sudah sesak dijejali berbagai pertanyaan dari para penyidang. Mulut ini sudah lelah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka bahkan untuk sekedar merespon atau menanggapi. Ya, lagi-lagi proposal kami harus direvisi kesekian kalinya karena banyak sekali kesalahan yang kembali terulang pada sidang ini. Banyak pula persiapan dan rencana yang ­miss, luput dari koreksi kami sebelumnya.

Tenaga, pikiran, dan uang jajan kami menjadi korban atas perjuangan persiapan pengembaraan ini. Belum usai masalah proposal dan job list yang harus kami kerjakan sesuai bidangnya, kami pun harus tetap rutin berlatih di Arboretum Unpad, bina jasmani, hingga latihan ke sungai. Kami sadar, untuk mencapai kemampuan dan ­skill­ ­arung jeram yang mumpuni sebelum berangkat ke sungai yang belum kami ketahui –dengan berbagai risiko yang harus siap dihadapi- diperlukan latihan yang sering, terutama terjun langsung ke sungai. Karena itu uang kami cukup terkuras untuk latihan, belum lagi uang untuk print dan fotocopy proposal yang bejibun itu.

Rasanya baru kemarin aku dapat menikmati istirahat yang cukup setelah kembali latihan ngarung di salah satu sungai di Jawa Barat, sekarang sudah harus berangkat lagi untuk simulasi. Tubuh kami sudah kebal dengan pegal-pegal usai latihan dan binjas, tapi masih merasakan pegal setelah tes fisik. Singkat cerita kami selesai melaksanakan simulasi yang wow! Kami disambut dengan jeram-jeram yang hebat di setiap harinya pada pengarungan selama 3 hari itu.

Tim setelah dinyatakan siap berangkat

Kami merasa bahwa tim sudah kompak dan skill skipper kami, Petrus sudah baik dalam mengendalikan perahu kami. Maka kami positif untuk bisa berangkat sampai ke Sungai Ketahun, menjadi mapala pertama yang mengarungi sungai tersebut, serta melakukan pemetaan juga di sana. Memang di dalam prosesnya tidak ada yang berjalan lancar-lancar saja, namun kita yakin pasti ada jalan dan semua ini akan ada akhirnya.

About admin