Simulasi Penerapan Zero Waste Mountaineering


Agar tidak nyampah, maka jangan bawa sampah


 

Kegiatan mendaki gunung sudah tidak asing lagi di Indonesia saat ini. Hampir segala kalangan mulai menyukai kegiatan ini. Namun, tingginya minat tidak selaras dengan tingginya rasa peduli pada kelestarian alam. Sampah-sampah sisa pendakian menjadi masalah yang pelik di pucuk-pucuk bumi pertiwi.

Palawa Unpad, sebagai perhimpunan mahasiswa pecinta alam mencoba menawarkan alternatif solusi bagi permasalahan tersebut. Solusi yang kami tawarkan adalah dengan membiasakan untuk melakukan zero waste mountaineering dalam setiap pendakian.

Zero waste mountaineering merupakan sebuah manajemen pendakian yang berprinsip: “tidak membawa sampah saat mendaki”. Tidak sulit untuk mengaplikasikan manajemen seperti ini, apalagi bila anda sudah pernah melakukannya.

Dalam simulasi menuju ‘Ekspedisi Nemangkawi Padjadjaran 2016’ di Gunung Rakutak. Atlet ekspedisi Palawa Unpad mempraktekan manajemen pendakian zero waste mountaineering tersebut. Berikut tautan video nya :

Penerapan manajemen pendakian zero waste mountaineering sebenarnya sangat mudah. Prinsip dasarnya, hindari membawa perbekalan yang berpotensi jadi sampah.

Karena perbekalan dalam pendakian yang paling berpotensi besar jadi sampah adalah perbekalan makanan. Tips-tips berikut ini bisa dicoba:

– hindari makanan instan dalam kemasan

– membawa perbekalan dengan wadah-wadah semacam tupperware, atau sejenisnya

– membawa botol minum sendiri. Tidak membawa air minum kemasan

– hindari membawa banyak kantong keresek/ plastik. Cukup satu trash bag, untuk safety prosedure packing.

– hindari membawa barang-barang sekali pakai. Contoh : tissue untuk lap wadah bekas makan/ masak, bisa diganti dengan bawa satu lap kecil.

Lebih lengkap tentang zero waste mountaineering bisa dilihat di situs zero waste adventure.

If cleanliness is next to Godliness, then zerowaste should be part of worship. *sunday thought* #zerowaste #zerowasteadventure

A photo posted by siska nirmala | Pieta (@zerowasteadventure) on

Palawa Unpad dalam waktu dekat berencana melakukan “Ekspedisi Padjadjaran Nemangkawi 2016” dengan membawa misi mencontohkan dan mengkampanyekan Zero Waste Mountaineering. Pada ekspedisi ini, Tim Palawa Unpad akan menerapkan Zero Waste Mountaineering dalam pendakian menuju puncak tertinggi Indonesia yaitu Puncak Carstenz.

Mari kurangi sampah, mari cintai alam Indonesia agar tetap lestari!

About Ichsan Lovano Pradewa

Ichsan Lovano Pradewa, Biasa Dipanggil ‘Karyo’, Adalah Anggota Palawa Unpad Angkatan Napak Kumbara. Baru Saja Menyelesaikan Studi di Jurusan Hubungan Internasional Fisip Unpad. Saat ini Menjabat Sebagai Ketua Tim Ekspedisi Nemangkawi Padjadjaran 2016.

Ichsan Lovano Pradewa

Ichsan Lovano Pradewa, Biasa Dipanggil ‘Karyo’, Adalah Anggota Palawa Unpad Angkatan Napak Kumbara. Baru Saja Menyelesaikan Studi di Jurusan Hubungan Internasional Fisip Unpad. Saat ini Menjabat Sebagai Ketua Tim Ekspedisi Nemangkawi Padjadjaran 2016.

  • Hidayat Adhiningrat

    Menarik. Kurangi sampah dalam pendakian karena gunung memang bukan tempat sampah

    • Palawa Unpad

      Mengurangi sampah dengan tidak membawa sampah dalam pendakian. Menjaga gunung tetap lestari 🙂