Tangga Raja dan Niatan Memanjat Tebing

Oleh : Dodi Rokhdian

Waktu itu tim panjat tebing Ekspedisi Sulawesi 94  sedang berusaha menggapai puncak tebing tangga raja atau dikenal Bambapuang dan tim gunung hutan baru menyelesaikan pendakian perintisan jalur di Puncak Rante Mario di pegunungan Latimojong. Pemanjat dikunjungi pendaki gunung saat mereka terlihat hanya titik-titik di teras tebingnya, lihat itu Bonny Hadi dan Taufik Nugraha sedang merayapi dan bergantungan, teriak kami tim gunung hutan di kaki tebing Bambapuang (tangga raja).

Waktu itu Bonny dan Opik serta Ayung sedang  merayapi bebatuan granit yang tinggi menjulang. “Ah nanaonnya eta barudak” Ujar Wawan sambil menatapi saudaranya – tim panjat – dengan binokuler.“tah rek nyieun jalur mah, di batu eta weh, pasti can aya nu manjat” ujarnya sambil menunjuk bongkahan batu segede ban traktor di samping kami berkumpul. Sambil itu Wawan bergerak mendekat pada batu itu lalu memeragakan teknik manjatnya di batu setinggi kepalanya (1,8 meteranlah tingginya).

“Pasti can aya nu muka jalur di tebing ieu” ujarnya setelah berhasil manjat di puncak batu setinggi 1,8 meter tersebut, sambil seolah-olah ia telah melakukan pemanjatan di tebing sebenarnya.

Sambil bercanda menunggu tim panjat berhasil mencapai puncak tebing tersebut, kami merencanakan ekspedisi selanjutnya: ada yang usul ke Uganda biar heroik, ada yang usul penelusuran gua  ke Gua Hiro di Arab Saudi sekalian naek haji katanya, dan ada juga yang nggak memberi usul, karena tahu itu  hanya perbincangan dari pemikiran kami yang ngelantur (ngabulatuk red).

Senja beranjak, kami ke base camp tim panjat yang ditunggui Ipin dan Hilman (yang nggak jadi manjat karena mengaku sakit, namun alhamdulilah, mereka nampak gemuk-gemuk, dan pada sehat, pipinya tembem-tembem, karena makan dan  tidur di lautan logistik yang serba mewah – keju, kornet, coklat, dan sebagainya).

Senang rasanya waktu itu, menyaksikan saudaranya, sedang kelelahan di tebing tangga raja, sementara kami, sudah usai melaksanakan pencapaian ke puncak pegunungan Latimojong di Sulawesi Selatan, dan beristirahat di lautan logistik tim panjat tebing …  HEMM YAMIN

(Catatan Harian  Ekspedisi Sulawesi 1994)

About Palawa Unpad

Redaksi Website Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam Palawa Universitas Padjadjaran

Palawa Unpad

Redaksi Website Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam Palawa Universitas Padjadjaran