Semangat Pagi dari Batang Merangin

 

“Semangat Pagi!!” Sebuah teriakan dari Abo menyapa para peserta pelatihan guide arung jeram di Batang Merangin, Desa Air Batu, Jambi, yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Merangin bekerja sama dengan Badan Geologi dan Palawa Unpad. Mendengar teriakan tersebut, peserta pelatihan sebanyak 22 orang yang terdiri dari para pemuda warga Desa Air Batu memberikan reaksi yang berbeda-beda, ada yang diam saja, bingung, dan tidak sedikit dari mereka memprotes teriakan tersebut dengan mengatakan : “sudah sore ini Bang.”

Kegiatan pelatihan ini memang dibuka pada siang menjelang sore hari, wajar jika beberapa peserta merasa ada yang janggal dengan teriakan sang instruktur, melihat reaksi tersebut Abo sebagai kepala instruktur menjelaskan maksud teriakannya, “ Kapan pun waktunya, kita harus selalu mempunyai semangat pagi, dengan itu seberat apa pun aktivitas yang dihadapi bisa dilalui dengan semangat dan energi positif.”

Mendengar penjelasan itu para peserta tersenyum dan mengangguk paham, lalu spontan mereka serempak  berteriak : “semangat pagi!!”. Beberapa hari ke depan kata-kata ‘sakti’ ini menjadi semacam trending topic, saat kegiatan dibuka dan ditutup setiap harinya teriakan ini selalu dilontarkan dengan semangat, bahkan ketika saya, Kang Abo, dan Kang Eman sedang beristirahat menjelang malam atau pagi hari di halaman rumah Pak Kepala Desa yang kami jadikan tempat menginap, beberapa peserta yang lewat di depan rumah meneriakkan “semangat pagi” sambil berlalu mengendarai motornya.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 27 – 29 Agustus 2013. Ketika diminta untuk melatih calon-calon guide arung jeram ini, kebingungan menerpa pikiran kami bertiga, apa yang bisa dilatih hanya dalam waktu tiga hari? Sementara kurikulum pelatihan guide atau pemandu arung jeram– dengan mempertimbangkan pemahaman bagi para guide mengenai prosedur keselamatan dan kenyamanan berarung jeram– membutuhkan waktu pelatihan intensif setidaknya 2,5 sampai 3 bulan. Sementara itu, program dari Dinas Pariwisata Kabupaten Merangin ini sudah masuk tahap operasional, undangan pun sudah disampaikan kepada aparat desa dan lembaga-lembaga kepemudaan Desa Air Batu.

Kami akhirnya memutuskan untuk tetap datang memberikan pelatihan dengan terus mewanti-wanti kepada peserta maupun panitia bahwa dengan keterbatasan waktu pelatihan ini maka para peserta tidak akan mendapatkan pelatihan yang maksimal dan tidak akan menghasilkan manusia yang memiliki kapasitas sebagaiguide arung jeram, kegiatan pelatihan ini hanya akan diisi oleh materi-materi pengantar mengenai pengendalian perahu dan dasar river rescue.

Pelatihan ini berjalan dengan santai tetapi tetap serius, dimulai dengan mengenal karakteristik peralatan arung jeram, penggunaan dan perawatan. Peserta diminta menyiapkan peralatan sendiri sesuai dengan pengetahuan yang mereka punya lalu setelah itu kekurangan-kekurangan yang terlihat diperbaiki oleh para instruktur.

“Perahu ini kalau tidak dipakai disimpan dalam keadaan terlipat ya?”, Kang Eman mencoba menganalisa salah satu perahu yang ketika dipompa di salah satu bagian boeing-nya, bagian boeing lain ikut mengembung. Peserta mengiyakan pertanyaan Kang Eman, dari jawaban tersebut Kang Eman menjelaskan cara penyimpanan perahu yang benar yaitu dengan cara menyimpan perahu dalam keadaan tetap mengembung dan meminimalisir perahu berada dalam keadaan terlipat. Selain itu, peserta juga diberikan pemahaman tentang pengaturan kapasitas udara pada bagian-bagian perahu agar tidak terlalu mengembung atau kurang mengembung.

Bagian yang sedikit sulit pada materi karakteristik peralatan ini adalah  saat memberikan pemahaman tentang pentingnya helm dan pelampung, hal ini mungkin disebabkan karena para peserta yang merupakan warga desa pinggiran sungai merasa telah terbiasa dan sangat mengenal sungainya sehingga mereka sangat mengabaikan prosedur keamanan standar arung jeram ini.

About Hidayat Adhiningrat

Anggota Palawa Unpad Angkatan Darmaga Bodas

Hidayat Adhiningrat

Anggota Palawa Unpad Angkatan Darmaga Bodas